Makalah Antikorupsi


STRATEGI GURU PKn DALAM MENANAMKAN JIWA ANTIKORUPSI KEPADA                    
                                                                 SISWA 

A.         Latar Belakang
Korupsi yang terjadi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan dan berdampak buruk luar biasa pada hampir seluruh sendi kehidupan. Korupsi telah menghancurkan sistem perekonomian, sistem demokrasi, sistem politik, sistem hukum, sistem pemerintahan, dan tatanan sosial kemasyarakatan di negeri ini. Di lain pihak upaya pemberantasan korupsi yang telah dilakukan selama ini belum menunjukkan hasil yang optimal. Korupsi dalam berbagai tingkatan tetap saja banyak terjadi seolah-olah telah menjadi bagian dari kehidupan kita yang bahkan sudah dianggap sebagai hal yang biasa. Jika kondisi ini tetap kita biarkan berlangsung maka cepat atau lambat korupsi akan menghancurkan negeri ini.
Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Koran Jakarta, 2 Januari 2014(http://kpk.go.id/) sepanjang 2013 telah terjadi peningkatan jumlah perkara korupsi. Dari 49 perkara yang ditangani pada 2012, tahun 2013 meningkat hampir dua kali lipat menjadi 70 perkara. Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, dalam keterangan pers akhir tahun KPK di Jakarta, kemarin. Menurut Bambang, keseluruhan jumlah penanganan perkara tahun 2013 meliputi 76 kegiatan penyelidikan, 102 penyidikan, dan 66 kegiatan penuntutan, baik kasus baru maupun sisa penanganan pada tahun sebelumnya

B.          Manfaat Penelitian
 Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.             Bagi orang tua
       Dapat memberikan pengetahuan bagi para orang tua yang memiliki anak didik serta anak kandung dalam pemahaman tentang pentingnya penanaman jiwa antikorupsi kepada anak agar prilaku korupsi dapat dicegah mulai dari usia dini.
2.             Bagi pemerintah setempat
        Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan atau bahan pertimbangan dalam upaya penanaman jiwa antikorupsi kepada anak-anak yang ada di daerah tersebut. Sebagai gambaran pendidikan tentang antikorupsi ini belum dilaksanakan secara optimal di sekolah-sekolah khususnya Yogyakarta sebagai kota pelajar.
3.             Bagi peneliti
      Diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman bagi peneliti dan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan belum optimalnya strategi sekolah dalam menamamkan jiwa antikorupsi kepada siswa




0 Response to "Makalah Antikorupsi"

Post a Comment

wdcfawqafwef