Makalah Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa


PENDAHULUAN
  1. Latar belakang
Sebagai seorang pelajar hendaknya selalu membaca  buku pelajaran dan mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru di rumah, agar ilmu yang diperoleh lebih maksimal dan daya ingat akan pelajaran lebih kuat. Salah satu realitas yang sering terjadi di kalangan pelajar adalah sikap malas dalam membaca. Membaca merupakan salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi serta dapat meningkatkan potensi yang ada dalam diri kita. Harus disadari juga bahwa rendahnya minat baca ini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya : lingkungan sekitar yang tidak mendukung, misalnya : lingkungan yang mempunyai banyak anak-anak senang bermain, hal ini dapat mempengaruhi siswa karena jika ada faktor dari luar yang mendorong untuk bermain, maka cendrung siswa tersebut akan terpengaruh.
Dengan rendahnya minat baca siswa terhadap pelajaran  maka mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh siswa. Akibat yang seperti ini menimbulkan rendahnya kualitas sekolah tersebut, karena prestasi siswa yang dibawah rata-rata. Buku pelajaran merupakan sumber ilmu dalam meningkatkan prestasi siswa, sehingga perlu ditingkatkan minat membaca siswa agar prestasi yang diperoleh siswa menjadi lebih baik.
Kurangnya kesadaran akan pentingnya membaca, hal ini mengakibatkan sepinya pengunjung perpustakaan untuk membaca buku. Kejadian seperti ini sungguh memperihatinkan, karena kita tahu sebagai pelajar kita harus banyak membaca agar ilmu yang kita peroleh semakin berkembang.

  1. Identifikasi Masalah
Dari latar belakang diatas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut :
  1. Rendahnya minat baca siswa terhadap buku pelajaran.
  2. Minimnya prestasi siswa ketika menghadapi ujian.
  3. Perpustakaan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.
  1. Batasan Masalah
            Agar penelitian ini dapat fokus, maka masalah yang akan diteliti mengenai “Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan maslah diatas, maka dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimana pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa ?
  1. Tujuan Penelitian
Setiap penulisan itu disusun pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai, dengan demikian pada dasarnya penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Baca terhadap prestasi belajar siswa.
  1. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapet memberikan :
  1. Manfaat Teoritis
Diharapkan setelah melalui tahap-tahap penelitian dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam hal penerapan teori-teori untuk menjawab permasalahan berkaitan dengan pengaruh minat baca terhadap prestasi belajr siswa.

Mau DOWNLOAD filenya Klik Disini

0 Response to "Makalah Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa "

Post a Comment

wdcfawqafwef