RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
SMA NEGERI 1 KALAENA
MATA PELAJARAN :
PEND. KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER/T.P. :
X / I (GANJIL) / 2010 2011
ALOKASI WAKTU : 2X45 MENIT
PERTEMUAN :
1 (PERTAMA)
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara.
INDIKATOR
Ø Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial.
Ø Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa mampu mendeskripsikan manusia sebagai makhluk individu dan sosial.
Ø Siswa mampu mendeskripsikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya
bangsa.
MATERI PEMBELAJARAN
Ø Manusia sebagai makhluk individu dan sosial.
Þ
Setiap manusia sejak dilahirkan senantiasa dilengkapi
dengan sifat individu dan sifat sosial
Ø Pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.
Þ Menurut Otto Bauer (Jerman) bangsa adalah suatu persatuan karakter atau
perangai yang timbul karena perasaan senasib.
Þ Ernest Renant (filsuf Perancis) bangsa adalah sekelompok manusia yang
memiliki kehendak bersatu sehingga merasa dirinya satu.
Þ Hans Kohn (Jerman) bangsa adalah sebagai buah hasil tenaga hidup dalam
sejarah yang berupa persamaan keturunan,
wilayah, bahasa, adat, kesamaaan politik, dan perasaan.
Ø Unsur-unsur terbentuknya bangsa
Þ Ada sekelompok manusia yang memiliki kemauan untuk bersatu
Þ Berada dalam suatu wilayah tertentu
Þ Ada kehendak membentuk atau berada dalam suatu pemerintahan yang
dibentuknya sendiri.
Þ Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan dan secita-cita
Þ Terdapat kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa dan lain sebagainya.
METODE PEMBELAJARAN
ü
Informasi
dari Guru, diskusi, dan active learning
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
·
Kegiatan
Awal (15 menit)
- Guru membuka
pelajaran dengan salam.
- Kegiatan Awal/Pendahuluan
o Kegiatan Inti ( 60 menit).
o
Menganalisis literatur tentang kedudukan manusia sebagai
makhluk individu dan makhluk sosial.
o
Menganalisis
berbagai literatur tentang pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya
bangsa.
·
Kegiatan Penutup (15 menit)
SUMBER BELAJAR
Ø Narasumber: Guru Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Ø Budiyanto, Dasar-dasar ilmu TATA NEGARA untuk SMA Kelas
3, 2003.Erlangga.
Ø Sri Jutmini dan Winarno, Pendidikan Kewarganegaraan SMA Kelas 1, 2004,
PT.Tiga Serangkai.
Ø Subandi Al Marsudi, Pancasila
dan UUD 1945 dalam Paradigma Reformasi, 2000.PT. Raja Grafindo Persada.
Ø Suprapto, dkk,
Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas 1, 2007. PT. Bumi Aksara
Ø Peraturan
Perundang-undangan yang relevan.
EVALUASI
Ø
Penilaian
ü
Penilaian
Proses
ü
Penilaian
Hasil
Ø
Alat
Penilaian (Instrumen)
ü
Jenis
Instrumen
Tugas
kelompok/Individu dan ulangan harian
ü Bentuk Instrumen
Laporan tertulis dan uraian
o
Instrumen laporan tertulis
Þ ----.
o
Instrumen uraian
Þ Jelaskan ciri-ciri manusia sebagai makhlk individu dan sebagai makhluk
sosial.
Þ
Deskripsikan unsur-unsur terbentuknya bangsa.
Kalaena,..............................20
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. BAKHTIAR IRMAWATI, S.Pd,
NIP. 19670112
199303 1 010
Mau download Filenya lengkap bisa Klik disini
0 Response to "Download RPP Pkn SMA Kelas X Lengkap "
Post a Comment